PENGUMUMAN FINALIS LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) KE-43 TAHUN 2011

Dewan Juri Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-43 Tahun 2011, setelah menyeleksi, membaca dan menganalisis dengan seksama karya tulis ilmiah terbimbing Lomba Karya Ilmiah Remaja Ke-43 Tahun 2011, dengan ini menetapkan Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja Ke-43 Tahun 2011, sebagai berikut:

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan
  1. Rizky Meilani dan Vina Wardhyani Putri, SMA Plus Negeri 2 Banyuasin II, Sumatera Selatan, dengan judul “Menyingkap Dinasti Politik, Nepotisme Gaya Baru di Era Demokrasi (Tingkat Pengetahuan Masyarakat terhadap Fenomena Dinasti Politik)”.
  2. Brian Viki Satriawan Telaumbanua, SMPN 2 Pandan Nauli, Sumatera Utara, dengan judul “Pengelolaan Terumbu Karang Berbasis Masyarakat di Desa Jago-Jago Kabupaten Tapanuli Tengah”.
  3. Anindya Cintantya Prasidya dan Nurul Dita Putri Rakhmawati, SMA Negeri 6 Yogyakarta, DIY, dengan judul “Mengungkap Fenomena Kesenian Jatilan Jalanan, antara Sebuah Pelecehan Budaya atau Pelestarian Budaya di Kota Yogyakarta dan Sekitarnya”.
  4. Mustika Rahmadayanti, Eliya Yusda, dan Dini Mutia Hasanah, SMAN 90 Jakarta, DKI Jakarta, dengan judul “Menyibak Simbiosis Mutualisme antara Profesi Nyiping, Nyadong, dan Calo Beras di Pasar Induk Cipinang”.
  5. Muhammad Fadhil Luqman, Nurul Jamila Hariani, dan Anggraeni, SMA N 1 Tenggarang Bondowoso, Jawa Timur, dengan judul “Sosialisasi Penggunaan Ontho sebagai Bahan Bakar Alternatif kepada Masyarakat di Wilayah Kabupaten Bondowoso’.
  6. Al Yarosa Taqwaariva, Zaki Tauhid Patria, dan Risang Dewandaru Samodro, SMPN 3 Pontianak, Kalimantan Barat, dengan judul “Studi Tentang Nasionalisme Anak-Anak Kawasan Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Sajingan Besar Provinsi Kalimantan Barat”.
  7. Sri Septiani Airsta Yufeni, SMAN 1 Bulukumba, Sulawesi Selatan, dengan judul “Analisis Eksistensi Budaya Siri’ (Malu) untuk Mencegah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam Pemerintahan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan”.

Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Lilis Suryani, Rafika Syahdina, dan Tri Lestari Handayani, SMAN 1 Tarakan, Kalimantan Timur, dengan judul “Pembuatan Sabun Ramah Lingkungan dengan Bahan Alami Rumput Laut”.
  2. Putri Hidayatul Rahmani, Marniriskawati, dan Ike Jelita Ariani, SMP 3 Ropang, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, dengan judul “Naturalchick Inovasi Herbal Kaya Vitamin sebagai Imunostimulan untuk Meningkatkan Respon Imun pada Peternakan Ayam Rakyat”.
  3. Dwini Normayulisa Putri, Muhammad Akbar Wicaksana, dan Prisca Yoko Putri, SMAN 28 Jakarta DKI Jakarta, dengan judul “Pemanfaatan Kulit Talas sebagai Sumber Polimer Alami untuk Bahan Dasar Pembuatan Plastik Biodegradasi”.
  4. Fuad Latief Mustofa dan Rufid Afani, SMAN Banyumas, Jawa Tengah, dengan judul “Pengolahan Limbah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak sebagai Alternatif Baru Mengatasi Pencemaran Lingkungan’.
  5. Reijefki Irlastua Simbolon, Reymond Silitonga, Widya Pebryanti Manurung, SMA Plus Negeri 17 Palembang, Sumatera Selatan, dengan judul “Analisis Ilmiah Pulo Kemaro : Patahan Pulau Sumatera Akibat Fenomena Tektonik, Penerobosan Sungai Musi, Ataukah Delta Aliran Sungai Musi?”.
  6. Friska Putri Ayunda dan Nur Aini Kartikasari, SMAN 8 Yogyakarta, DIY, dengan judul “Analisis terhadap Perubahan Kecenderungan Tipe Letusan Gunung Merapi Tahun 2010 (Studi terhadap Perbedaan, Faktor-Faktor Perbedaan, dan Periode Letusan Gunung Merapi)”.
  7. Fifin Diah Olivianti dan Desak Ketut Tristiana Sukmadewi, SMAN 3 Denpasar, Bali, dengan judul “Biopestisida dari Campuran Ekstrak Rimpang Lengkuas Merah (Alpinia Purpurata (Vieill.) K. Schum) dan Daun Sirih (Piper Betle L.) untuk Menghambat Pertumbuhan Jamur Phytophthora Palmivora Penyebab Busuk Buah Pada Tanaman Kakao (Theobroma Cacao L.)”.
  8. Firda Amalia Ilmiawati, Fadhila Tri Utami, dan Zelin Norma Resty, SMAN 1 Ponorogo, Jawa Timur, dengan judul “Daun Alpukat (Persea Americana Mill) sebagai Pengganti Pengawet Sintetik dalam Pembuatan Tahu yang Efisien dan Aman Bagi Kesehatan”.
  9. Teguh Wibowo dan Saifuddin Bachri, MAN 2 Kudus, Jawa Tengah, dengan judul” Kurva Gerak Bola Takraw”.
  10. Indri Apriastuti, Amalia Paramitha, dan Eka Aryani, SMA Negeri 1 Tegal, Jawa Tengah, dengan judul “Modifikasi Alat Destilasi Sederhana Air Laut untuk Skala Rumah Tangga di Kota Tegal”.
  11. Hilda Farida dan Ria Erlani, MAN Insan Cendekia Gorontalo, Gorontalo, dengan judul “Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong (Manihot Esculenta) sebagai Bahan Baku Pembuatan Bioplastik”.
  12. Farida Amila Husna dan Kartika Puspita Sari, SMA Negri 1 Gresik, Jawa Timur, dengan judul “Pemanfaatan Daun Asam Jawa sebagai Penetralisir Geosmin yang Menyebabkan Citrarasa Lumpur Pada Ikan Bandeng”.
  13. Misheila Vladeanna dan Alodia Irwan, SMA Santa Laurensia Serpong, Tangerang, Banten, dengan judul “Pemanfaatan Kandungan Kolagen dalam Tepung Sisik Ikan untuk Membantu Pemulihan Sel Kulit Rusak dalam Bentuk Masker Membran”.
  14. Agmelia Nurul Afifah, Debita Tejo Saputri, dan Amira Tauhida, SMAN 2 Kediri, Jawa Timur, dengan judul “Pemanfaatan Kotoran Burung Puyuh Sebagai Media Pembiakan Belatung Untuk Pakan Ayam Broiler “.
  15. Yasinta Nur Savitri, SMPN 5 Cilacap, Jawa Tengah, dengan judul “Pemanfaatan Morinda Citrifolia Untuk Pencegahan Albugo Ipomoea Panduratae Pada Tanaman Kangkung”.
  16. Atika Arifati, Rachmi Fatin, dan Saiq Adha Ajinegara, SMAN 6 Yogyakarta, DIY, dengan judul “Pengaruh Peragian (Fermentasi) Buah Kopi Terhadap Kualitas Kopi Yang Dihasilkan”.
  17. Intan Kirana Rani Januarti, SMAN 1 Bantul, DIY, dengan judul “Pengembangan Sistem Terpadu Penanganan Limbah Tahu Dan Gula Dengan Produksi Mikroalga Sebagai Bahan Baku Biofuel Terbarukan Dan Ramah Lingkungan”.
  18. Fikri Rozi, Yuzan Fudhaili Tri Wibawa, dan Shafaa Shafiyah, SMA 1 Pemali, Bangka-Belitung, dengan judul “Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) Sebagai Media Tumbuh Jamur Merang (Volvariella Volvaceae)”.
  19. Rima Nur Rahmawati dan Toriq Hisyam Anwar, SMA Surya Buana Malang, Jawa Timur, dengan judul “Perancangan dan Pembuatan Alat Ukur Dioptri Kacamata Dengan Menggunakan Metode Dua Lensa Berbasis Mikrokontroler At89s51”.
  20. Fadhilah Nur Amalina, Fathiya Karimah, dan Herra Williany Monalissa, SMAN 28 Jakarta, DKI Jakarta, dengan judul “Perbandingan Tingkah Laku Koloni Semut Rangrang dan Koloni Semut Hitam dalam Mencari Makan, Dilihat dari Segi Perbedaan Jenis Makanan, Posisi Sarang, Pergerakan, Jangkauan, dan Sifat-Sifatnya dalam Mempertahankan Makanan”.

Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa
  1. Muhammad Luthfi Nurfakhri, SMAN 1 Bogor, Jawa Barat, dengan judul “Sensor Optis Digital sebagai Alat Efisiensi Pemakaian Pupuk Nitrogen pada Tanaman Padi (Oriza Sativa)”.
  2. Hermawan Maulana dan Zihramna Afdi, SMAN 3 Semarang, Jawa Tengah, dengan judul “Aplikasi “T-Box” Untuk Mereduksi Bahaya Co Dan Co2 di Smooking Room”.
  3. Nur Chabibur Rohim, Risang Yogardi, dan Muhammad Asrori, SMKN 1 Tengaran, Semarang, Jawa Tengah, dengan judul “Game Jarimatika Berbasis Mobile”.
  4. Efa Fazriyah Haryono, Marwah Zairah, dan Wina Eka Oktaviai, SMAN1 Malingping, Lebak, Banten, dengan judul “Kertas Anti Rayap (Coptotermes Gestroi) dari Jerami Padi dengan Penambahan Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L.)”.
  5. Aulia Azka Januartrika, Anas Mufid Nurrochman, dan Amelia Nugrahaningrum,, SMAN 1 Yogyakarta, DIY, dengan judul “Rancangan DAM Pemecah Lahar Dingin”.
  6. Hannah Debora, SMPN 1 Denpasar, Bali, dengan judul “Pembuatan Alat Pendeteksi Kebocoran Pada Katup dan Regulator Tabung Gas LPG”.
  7. Alfian Try Putranto dan Zakaria Abdurrahman, SMAN 6 Yogyakarta, Yogyakarta, dengan judul “Visualisasi Kesenian Wayang Kulit Tradisional (Sebagai Solusi Alternatif Menjaga Eksistensi Wayang Kulit Yang Mulai Lekang Oleh Waktu)”.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Saudara untuk melakukan presentasi, pameran, dan wawancara dihadapan Dewan Juri yang akan diselenggarakan pada:

Hari / Tanggal : Senin-Selasa, 3-4 Oktober 2011
Pukul : 09.00 WIB s.d selesai
Tempat : Widya Graha LIPI Lantai 1 Jl. Gatot Subroto No 10 Jakarta Selatan

Untuk keperluan acara tersebut di atas, beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan:
  1. Mendownload Tata Tertib LKIR Ke-43 Tahun 2011 sebagai acuan finalis dalam mengikuti kegiatan tersebut di link: http://intra.lipi.go.id/direktori/humas/lipi1317034388.zip
  2. Prototipe alat peraga, brosur, dan standing banner untuk pameran
  3. Presentasi menggunakan format Power Point.
  4. Baju batik untuk acara kunjungan/resmi.
  5. Baju batik untuk acara kunjungan.
  6. Registrasi ulang dan setting pameran di Widya Graha LIPI Lantai 1, Jl. Gatot Subroto No 10 Jakarta Selatan pada tanggal 2 Oktober 2011, pukul 12.00-15.00 WIB.
  7. Panitia menyediakan biaya akomodasi untuk 1 orang yaitu ketua kelompok atau yang ditunjuk oleh kelompok.
  8. Akomodasi di Hotel Bumi Wiyata Depok, mulai tanggal 2 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB sampai dengan tanggal 5 Oktober 2011 pukul 09.00 WIB ditanggung oleh Panitia.
  9. Biaya transportasi dari tempat asal ke tempat pameran pergi pulang ditanggung oleh masing-masing finalis.
Dewan Juri LKIR Ke-43 Tahun 2011 terdiri dari:

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan
  1. Dr. Syarif Hidayat
  2. Dr. Ninok Leksono
  3. Drs. Andrinof Chaniago, M.Si
Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Dr. Adi Santoso
  2. Prof. (Ris) Dr. Leonardus Broto Sugeng Kardono
  3. Dr. Susiani Purbaningsih DEA
Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa
  1. Dr. L.T. Handoko
  2. Dr. Yudi Darma
  3. Dr. M. Mustafa Sarinanto
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia LKIR Ke-43 Tahun 2011, Telp. 021-5225711, Ext. 273 atau Sdr. Indriyani: 081319165778. Atas Perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.

Panitia LKIR Ke-43 Tahun 2011
Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek BKPI LIPI
Sasana Widya Sarwono Lt. 5
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta 12710
Telp (021) 5225711, Ext. 274
Fax. (021) 52920839


Sumber: www.lipi.go.id

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More