Ngobrol Bareng Peserta Kelas Menulis FLP DKI Jakarta


Materi Penulisan Ilmiah - Prakoso Bhairawa
Minggu (19/05) kemarin bertempat di  Selasar Masjid Amir Hamzah TIM, saya kembali berkesempatan untuk berbagi pengetahuan dan informasi seputar "Penulisan Ilmiah". Acara yang berlangsung santai ini berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 12.00 siang. Acara ini sendiri merupakan rangkaian dari kelas Pramuda Forum Lingkar Pena DKI Jakarta.

Ada banyak cerita yang terpaksa harus terpotong karena waktu yang begitu sempit dan tak jarang saya tersenyum sendiri untuk berusaha meyakini kepada para peserta bahwa penulisan ilmiah itu tidak hanya cukup dengan duduk manis sembari mencoret-coretkan kertas mendengarkan paparan saya. Sebagai sebuah ilustrasi. Seseorang yang akan memiliki jenjang fungsional Peneliti misalnya, harus mengikuti diklat fungsional peneliti selama 3 minggu, yang isinya nota bene mengenai aktivitas penelitian dan didalamnya juga membahas penulisan ilmiah. Bahkan diklat khusus "Penulisan Ilmiah" sendiri harus diikuti dalam waktu 3 hari.

Dan hari minggu kemarin materi yang panjang lebar tersebut harus diselesaikan dalam waktu 2 jam, alias 2 X 60 menit,..hehehehehee,..lumayanlah tapi dengan terpaksa saya lebih banyak menfokuskan pada pemahaman mengenai penulisan ilmiah.

Oke,..sebagai bahan dan janji saya, maka melalui blog ini saya share materi kemarin yang coba saya kembangkan dan tuliskan dari berbagai sumber. berikut linknya,..Materi Penulisan Ilmiah

Terima kasih,..







0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More