KETENTUAN PENULISAN WARTA KIML PAPPIPTEK LIPI

UMUM

  1. Naskah merupakan karya asli berupa hasil penelitian atau tinjauan ilmiah yang mengkritik teori berdasarkan akumulasi pengalaman dan pengetahuan yang memperkaya pengetahuan yang ada, serta pengukuran yang belum pernah diterbitkan di mana pun sebelumnya.
  2. Naskah dalam Bahasa Inggris disertai sari dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, sedangkan naskah dalam Bahasa Indonesia disertai abstrak dalam bahasa Inggris.
  3. Teks harus tercetak jelas; gambar dan foto harus asli dengan ukuran maksimum 19,5 x 15 cm.
  4. Naskah akan ditelaah dan disunting paling tidak oleh dua orang dari Dewan Redaksi dan/ataupun Editor Ilmiah (Scientific Editor) sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  5. Dewan Redaksi berhak menolak naskah/makalah yang tidak memenuhi syarat sebagai tulisan ilmiah ataupun yang tidak sesuai dengan ruang lingkup warta.


NASKAH

  1. Halaman pertama naskah berisi judul makalah, sari/abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia), serta kata kunci atau keywords. Nama penulis, nama instansi, alamat dan nomor telepon/ponsel dituliskan pada lembar tersendiri.
  2. Naskah diketik dengan komputer huruf Arial, font 11, satu spasi, beri dua spasi antara heading dan teks di bawahnya.
  3. Susunan isi adalah sebagai berikut; a) Judul, b) Sari/abstrak. Penulisan sari/abstrak harus ringkas dan jelas, serta mewakili isi makalah. Sari/abstrak terdiri atas maksimal 200 kata dan diketik dengan 1 spasi. c) Kata kunci atau keywords, kata kunci terdiri atas empat sampai enam kata ditulis di bawah sari atau abstrak. d) Pendahuluan. Bagian ini berisi latar belakang yang mencakup keunikan masalah, posisi masalah berdasarkan tinjauan ilmiah, pentingnya masalah untuk diungkapkan dan sistematika uraian. e) Metodologi, Bagian ini memuat pendekatan (analytical framework) dalam analisis temuan. Data penting yang dianalisis, jika diperlukan, dapat diletakkan di lampiran. f) Hasil dan Diskusi, Hasil penelitian memuat temuan dan hasil analisis dalam berbagai bentuk dan berkaitan dengan masalah. Diskusi berisi hasil penelitian terkait berdasarkan kerangka analitis yang digunakan. g) Penutup, Bagian ini terdiri atas simpulan dan saran. Simpulan ditarik dari hasil diskusi dan masalah penelitian. h) Ucapan terima kasih (jika diperlukan). i) Daftar Pustaka
  4. Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut.

Prosiding:
Koning, T. and Darmono, F.X., 1984. The Geology of the Beruk Northeast Field, Central Sumatra, Oil production from pre-Tertiary basement rocks. Proc, 13th Ann. Conv. IPA, Jakarta, Indonesia.

Jurnal/Buletin:
Wright, O.R., 1969. Summary of research on the selection interview since 1964, Personal Psychology 22:391-413.

Peta:
Simandjuntak, T.O., Surono, Gafoer, S., dan Amin, T.C., 1991, Geology Lembar Muarabungo, Sumatera, skala 1:250.000. Pusat Penelitian Pengembangan Geologi, Bandung.

Laporan tidak diterbitkan:
Siagian, H.P. dan Mubroto, B., 1995. Penelitian Magnet Purba di Daerah Baturaja dan Sekitarnya, Sumatera Selatan. Laporan intern Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung (Tidak diterbitkan).

Thesis/ Skripsi/ Disertasi:
Stone, I.G., 1963. A morphogenetic study of study stages in the life-cycle of some Vitorian cryptograms. Ph.D Thesis, Univ. of Melbourne.

Buku:
George, S., 1967. Language and Silence. Faber and Faber, London: 96pp.

Dalam Buku:
Carter, J.G., 1980. Environmental and biological controls of bivalve shell mineralogy and microstructure. In: Rhoads, D.C. and Lutz, R.A. (Eds), Skeletal growth of aquatic organism. Plenum Press, New York and London: 93-134.

Publikasi Khusus:
Kay, E. Alison, 1979. Hawaian Marine Shell. B.P. Bishop Museum Special Publication 64(4): 653pp. Major Treatment.

Informasi di Internet:
Lunt, P., 2003. Biogeography of some Eocene larger foraminifera, and their application in distinguishing geological plates. Paleontologica Electronica 6(1):22pp, 1.3MB; http://paleo-electronica.org/paleo/2003-2/geo/issue2-03.htm, diakses tanggal 20 April 2010. 

LAIN-LAIN
  1. Dalam draf, gambar/peta/foto diletakkan pada halaman akhir makalah
  2. Keterangan gambar dan foto diketik satu spasi dan diletakkan di bawah gambar/foto; diakhiri dengan titik. Huruf besar hanya pada awal kalimat dan nama orang.
  3. Keterangan juga diketik dalam satu spasi. Nama tabel diletakkan di atas tabel, tidak diakhiri dengan titik. Setiap awal kata, ditulis dengan huruf besar, kecuali kata depan dan kata sambung.
  4. Pada akhir naskah setelah daftar pustaka, wajib menuliskan deskripsi TENTANG PENULIS, seperti contoh berikut ini:
    Erman Aminullah 
    Lahir di Bukittinggi, 5 Oktober 1955. Penulis menamatkan pendidikan Pascasarjana bidang Policy Science di Saitama University Japan, sedangkan pendidikan terakhirnya bidang Doktor Kebijakan Publik Universitas Indonesia.  Profesor Riset di LIPI diraihnya sejak tahun 2006 bidang Kebijakan Teknologi dan telah menghasilkan beberapa  karya tulis ilmiah/hasil penelitian dan buku tentang kebijakan teknologi,  pembangunan ekonomi dan industrialisasi. Berbagai seminar sebagai pembicara  maupun visiting research  mengenai kebijakan teknologi telah dilakukannya baik di dalam maupun luar negeri.
  5. Setiap penulis utama dari naskah yang dinyatakan layak publikasi di Warta Kebijakan Iptek & Manajemen Litbang harus menandatangani Surat Pernyataan Kepengarangan dan Orisinalitas (contoh surat akan diberikan oleh redaksi kemudian) dan dikembalikan secepatnya kepada redaksi.
  6. Setiap penulis (baik penulis utama ataupun anggota) dari naskah yang dinyatakan layak publikasi akan mendapatkan cetak lepas sebanyak 4-5 eksemplar.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More