RUANG LINGKUP PENULISAN WARTA KIML

KIML menekankan hasil-hasil penelitian dan pengkajian perkembangan iptek serta kemajuan litbang dan inovasi dari empat sudut pandang, yaitu ekonomi, sosial & budaya, kebijakan, dan manajemen. KIML juga menekankan suatu gabungan pelbagai sudut pandang, yaitu melihat inovasi teknologi sebagai sistem kompleks. KIML mengutamakan isi dalam lingkup berikut ini.

  1. Sistem Inovasi dalam tiga tingkatan, yaitu nasional & sektoral dari sudut pandang kebijakan; perilaku perusahaan & konsumen dari sudut pandang ekonomi; dan perkembangan teknologi tertentu seperti bioteknologi dan elektronika dari sudut pandang manajemen.
  2. Penerapan Teknologi dalam dua spektrum: secara mikro dalam perusahaan, seperti hasil dan proses pilihan-pasar dari sudut pandang ekonomi, dan secara makro dalam masyarakat yang melihat keragaman dan penyesuaian penerapan teknologi dari sudut pandang sosial & budaya.
  3. Manajemen Inovasi untuk penciptaan pengetahuan baik melalui kegiatan litbang, maupun proses pembelajaran/manajemen pengetahuan dalam tiga tingkatan: individu, kelompok, dan organisasi/perusahaan
  4. Manajemen Litbang mencakup berbagai isu dalam berbagai tahapan pengelolaan lembaga litbang di sektor pemerintah, perguruan tinggi dan industri/perusahaan dalam hubungannya dengan perencanaan, penataan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, komersialisasi, strategi inovasi dan isu-isu sumberdaya iptek, serta mengkaji implikasinya terhadap sosial, ekonomi dan lingkungan
  5. Dinamika sistem kompleks dalam inovasi teknologi, sebagai interaksi tiga unsur, yaitu: daur produksi dalam eknonomi, inovasi teknologi dalam organisasi litbang, dan pembuatan kebijakan oleh pemerintah. Dinamika sistem kompleks menjelaskan kemampuan hidup perusahaan, daya saing ekonomi dan kemajuan/kesadaran iptek masyarakat.

KIML menekankan analisis yang tajam terhadap hasil-hasil, baik dari penelitian empiris maupun dari kajian teoritis bersifat kritis, yang menyumbangkan pengetahuan dan pemikiran baru dalam perkembangan teknologi dan kemajuan inovasi, yang mengarah pemecahan masalah, memiliki relevansi kebijakan, dan menerapkan pendekatan lintas-disiplin ataupun multi-spesialisasi.

Naskah yang dapat dimuat dalam jurnal KIML harus terkait dengan lingkup dan tujuan di atas, ditulis mengikuti pedoman penulisan ilmiah (lihat Pedoman bagi penulis). Semua naskah yang dikirim akan diteruskan kepada dua pembaca ahli (referees), dan hasil review akan dikomunikasikan kepada penulis naskah melalui pos-e (email). Redaksi menerima naskah dalam bentuk hard-copy atau soft-copy melalui pos-el kepada redaksi

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More