MODEL PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN PELANGGAN SPESIFIK UNTUK LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ALTERNATIF PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT #PROSIDING KONFERENSI REFORMASI BIROKRASI 2012

SETELAH menunggu hampir 4 bulan lamanya sejak penyelenggaraan konferensi Reformasi Birokrasi Tahun 2012, akhirnya Prosiding terbit juga,..Prosiding ini bertajuk Reformasi Birokrasi: Pameran, Konferensi, dan Pertemuan Pemangku Kepentingan 2012  dapat diakses secara gratis melalui link berikut ini.

Prosiding ini berisi semua makalah yang telah diedit dan melalui proses penyuntingan oleh tim Akademik dan penyelenggara. Jika membuka halaman 429 maka akan menemukan makalah saya (Prakoso Bhairawa Putera) dan Budi Triyono yang membawakan judul "MODEL PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN PELANGGAN SPESIFIK UNTUK LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ALTERNATIF PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT" pada saat seminar yang lalu.

Berikut Abstrak Makalah tersebut:

Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menggaris bawahi  salah satu hal penting mengenai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Keberdaan IKM menjadi penting untuk melihat sejauh mana unit organisasi mampu memberikan pelayanan prima. Pengukuran IKM yang umumnya digunakan merujuk pada KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. Pengukuran tersebut dirasakan kurang cocok digunakan untuk organisasi penelitian dan pengembangan (litbang). Organisasi litbang memiliki karakteristik khusus sehingga membutuhkan pengukuran IKM yang berorientasi pada kekhususan tersebut. Makalah ini memberikan konsep pengembangan pengukuran IKM yang lebih cocok diimplementasikan bagi organisasi/lembaga litbang di Indonesia. Konsep pengembangan pengukuran ini berorientasi pada penggunaan produk dan jasa litbang, kinerja layanan produk dan jasa litbang, kinerja staf penyelenggaran, aksesibilitas, komunikasi, kepuasan terhadap layanan produk dan jasa litbang, dampak kepuasan, dan perbaikan layanan.

Kata Kunci:  IKM, Pelayanan Publik, Lembaga Litbang, Reformasi Birokrasi

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More